tips kecantikan | perawatan kecantikan | kecantikan rambut | tips kecantikan muka

Jumat, 08 Februari 2013

Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih, Putih Telur dan Sambiloto



          Menghilangkan jerawat tak selalu dengan obat kimia atau teknologi canggih. Anda bisa memanfaatkan bawang putih, putih telur, dan sambiloto untuk mengobati jerawat. Kandungan antibiotik dan antiseptik yang terkandung di dalamnya memiliki kemampuan untuk mengangkat minyak, mendinginkan kulit yang meradang dan mengempeskan jerawat. Seperti apa?


Bawang Putih
          Bawang Putih mengandung minyak astiri yang tinggi sehingga memiliki kemampuan antibakterial dan antiseptik. Karena itu, bawang putih bisa digunakan untuk mengangkat minyak, mendinginkan kulit yang meradang dan mengempeskan jerawat. Kandungan antibiotik antara bawang putih yang satu belum tentu sama dengan kandungan antibiotik pada bawang putih lain. Bawang putih jenis baby (bawang putih yang ukurannya kecil) diyakini sebagai bawang putih yang memiliki kandungan antibiotik paling tinggi.
          Untuk menghilangkan jerawat, bawang putih bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dijadikan sebagai masker wajah. Bagi Anda yang tertarik mengkonsumsi bawang putih secara langsung, dapat memakan satu atau lebih bawang putih dengan air putih atau mencampurkannya ke dalam masakan Anda sebagai bumbu dapur.
          Sebagai masker wajah, ambil bawang putih 2 buah atau lebih, kupas dan cuci dengan air mengalir. Setelah itu, tumbuk hingga cukup halus lalu oleskan ke area kulit wajah atau punggung yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin minimal dua kali dalam seminggu. Setelah tiga bulan, kulit wajah Anda akan terlihat lebih segar, cerah, dan bebas jerawat. Setelah mendapatkan hasil yang bagus, untuk maintenance-nya bawang putih cukup dikonsumsi atau dioleskan seminggu sekali.
          Bawang putih termasuk aman digunakan. Hanya saja untuk penggunaan dengan cara dioles harus hati-hati. Mereka yang kulitnya sensitif dan alergi bawang putih, sebaiknya tidak melakukan perawatan ini. Jika tidak cocok, efek samping yang mungkin timbul adalah kemerahan, iritasi, bengkak, radang dan gatal-gatal.


Putih Telur 
          Putih telur yang kaya kandungan vitamin A, D, E, B, fosfor dan besi bisa dimanfaatkan untuk merapatkan pori-pori wajah dan membersihkan jerawat. Cara menggunakannya mudah. Anda cukup mengambil satu butir telur ukuran sedang. Pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya saja. Bila tak tahan dengan bau amisnya, Anda dapat mencampurnya dengan rhum (yang biasa digunakan untuk campuran teh, fla puding, blackforest). Putih telur yang sudah dicampur dengan rhum menghadirkan efek yang sangat dahsyat karena dapat membersihkan jerawat dengan lebih baik dan mengangkat jaringan lemak yang dibuang oleh tubuh. Selanjutnya, putih telur dan rhum dikocok sebentar lalu oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air bersih.
          Untuk hasil maksimal, masker putih telur ini sebaiknya dilakukan secara rutin minimal dua kali dalam seminggu. Setelah tiga bulan, kulit wajah Anda akan terlihat lebih segar, cerah, dan bebas jerawat. Setelah mendapatkan hasil yang bagus, untuk maintenance-nya putih telur cukup dioleskan sekali dalam seminggu.
Karena merupakan bahan alami, maka putih telur tidak memberikan efek samping. Hanya saja bagi kulit sensitif dan alergi terhadap telur, tidak dianjurkan untuk mengoleskan putih telur ke kulit wajah karena ditakutkan akan memicu efek samping kemerahan, iritasi, bengkak, radang dan gatal-gatal.


Sambiloto
          Dibalik rasanya yang pahit, sambiloto memiliki khasiat besar untuk pengobatan, termasuk mengatasi masalah jerawat. Caranya ambil 3-4 lembar daun sambiloto. Lalu cuci bersih dengan air yang mengalir dan diangin-anginkan. Panaskan di dalam oven dengan api kecil selama satu jam setiap hari, yang dilakukan selama 2-3 hari. Atau daun sambiloto dikeringkan dibawah terik matahari selama 2-3 hari. Setelah dikeringkan daun sambiloto akan berubah wujud jadi kering. Lalu tumbuk hingga lembut seperti serbuk. Selanjutnya, tempatkan serbuk dalam wadah plastik. Ambil 1 sdm serbuk sambiloto campur dengan sedikit air lalu langsung dioleskan ke jerawat yang tumbuh. Lakukan sebelum Anda tidur. Sebelum digunakan, bersihkan dulu wajah Anda.
Perawatan dengan serbuk sambiloto sebaiknya dilakukan rutin satu kali seminggu. Dalam tiga bulan, kulit wajah Anda terlihat lebih segar, cerah dan bebas jerawat. Hanya saja bagi kulit sensitif dan alergi terhadap sambiloto, tidak dianjurkan untuk mengoleskan sambiloto ke kulit wajah karena ditakutkan akan memicu efek samping kemerahan, iritasi, bengkak, radang dan gatal-gatal.

2 komentar:

  1. terimakasih informasinya sangat bermanfaat :D saya biasanya pakai minyak zaitun + sabun bayi sebagai cara menghilangkan jerawat :D dan ampuh lho..

    BalasHapus

© Kecantikan Alami Kulit, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena