tips kecantikan | perawatan kecantikan | kecantikan rambut | tips kecantikan muka

Rabu, 13 Februari 2013

Menu Diet Sehat dengan Kentang

          
            Kentang bisa dimasukkan ke dalam salah satu menu diet dan berfungsi sebagai pengganti karbohidrat atau nasi. Bukannya tanpa alasan, di dalam dua buah kentang ukuran sedang atau dengan berat 210 gr terkandung zat karbohidrat sekitar 40 gr, 4 gr protein dan 175 kalori, serta kandungan lemak yang sangat rendah. Selain itu kentang juga mengandung kadar indeks glikemik yang rendah sehingga memberikan efek kenyang.
          Kentang memang tergolong efektif dalam menurunkan berat badan dan bisa dimanfaatkan sebagai menu pengganti nasi. Namun, untuk mencapai kesempurnaan tubuh yang langsing dan sehat, sebaiknya kentang dikombinasikan dengan menu makanan lain sehingga asupan gizi yang diperlukan tubuh tetap seimbang. Berikut menu yang dianjurkan dalam menunjang program diet sehat dengan kentang :

Menu Makan Pagi
          Makan dua buah kentang ukuran sedang (ukuran 150-210 gr) yang sudah direbus. Kentang rebus ditumbuk dan diolah menjadi menu mashed potato. Sebagai tambahan, bisa dikombinasikan dengan sayuran rebus seperti brokoli atau buncis. Bubuhkan sedikit garam di atas kentang untuk menghindari rasa hambar. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan atau jus segar yang terdiri dari wortel, tomat, dan apel hijau matang. Sebaiknya segelas jus dikonsumsi tanpa menggunakan gula dan es batu.

Snack Sebelum Makan Siang
          Anda bisa mengonsumsi buah potong seperti apel, melon, pepaya dan semangka. Jika tidak mengonsumsi buah-buahan segar, Anda bisa mengonsumsi snack crackers atau roti gandum tanpa mentega.

Menu Makan Siang
          Anda dapat mengonsumsi kentang yang dibakar dan 2 sdm nasi per (bukan nasi pulen atau baru masak) agar kandungan glukosanya tidak terlalu tinggi. Lalu sajikan dengan menu ikan atau irisan daging yang dibuat sup atau dikukus. Kombinasikan dengan sayuran bayam merah atau labu kuning yang direbus dan hindari penyedap rasa. Jangan lupa konsumsi buah-buahan segar atau jus segar untuk melengkapi kebutuhan serat.

Snack Sebelum Makan Malam
          Anda bisa mengonsumsi semangkuk kacang hijau tanpa santan. Ditambah segelas jus jeruk segar dan buah potong seperti pepaya, semangka dan apel.

Menu Makan Malam
          Kentang rebus atau kukus bisa dikombinasikan dengan irisan daging sapi yang dibakar dan dibubuhi sedikit garam serta irisan bawang merah dan bawang putih. Janganlupa minum segelas air putih elancarkan metabolisme tubuh. Sebaiknya Anda makan 3-4 jam sebelum tidur untuk menghindari penumpukan lemak di bawah perut.

Jangan Tinggalkan Sarapan
          Faktor sarapan juga menjadi hal yang sangat penting saat menjalankan program diet kentang. Jika Anda tengah menjalankan program diet kentang dan Anda meninggalkan sarapan, maka tidak menutup kemungkinan berat badan semakin naik. Hal ini membuat asupan makan siang dan makan malam semakin bertambah karena tidak ada penyuplai energi sebelum beraktifitas.

Tetap Rutin Olahraga
          Selain disiplin menjalankan program diet kentang, sebaiknya disarankan untuk rutin olahraga demi mempercepat proses pembakaran lemak. Olahraga yang bisa dilakukan seperti berjalan kaki, jogging dan berenang selama 45 menit, tiga kali seminggu.

4-6 Kg Sebulan
          Jika program diet kentang ini dilakukan secara teratur selama 1-3 bulan, Anda bisa mengikis berat badanhingga 4-6 Kg selama satu hingga dua bulan. Program diet kentang juga aman dan sehat bagi penderita obesitas dan diabetes. Bagi Anda yang belum terbiasa melakukan program diet ini, 3-5 hari pertama tubuh akan menjadi lemas dan kurang berenergi karena adanya penyesuaian asupan energi yang dibutuhkan tubuh. Namun, setelah melewati masa-masa itu, tubuh akan kembali terbiasa asalkan tidak berlebihan selama menjalankan program diet ini. Dalam arti, konsumsi kentang sebaiknya dikombinasikan dengan bahan makanan lain. Pasalnya, tubuh tetap membutuhkan asupan protein, lemak dan mineral untuk tetap sehat dan berenergi saat beraktifitas.

Macam-Macam Menu Kombinasi Kentang
Kentang Rebus
Kombinasi :
·         Ayam panggang bumbu kecap (buang kulit dan lemak)
·         Cah kangkung
·         Pepes tahu
·         Penutup : jus mangga (tanpa gula)

Kentang Kukus
Kombinasi :
·         Tim ikan
·         Capcay kuah
·         Tempe bacem tanpa digoreng
·         Penutup : salad buah

Pastel Kentang Tutup
Kombinasi :
·         Sop bayam tahu
·         Penutup : pudding buah


Resep Pastel Tutup Kentang untuk Program Diet
Bahan-bahan :
250 gr kentang, dikukus, dikuliti, lalu ditumbuk hingga halus
20 gr mentega
2 sdm susu bubuk
2 sdm tepung terigu
Garam dan merica secukupnya

Bahan Isi :
1,5 sdm mentega
50 gr daging sapi cincang
100 ml kaldu ayam
150 gr wortel, dipotong kecil
100 gr buncis, dipotong kecil
2 sdm tepung terigu
1 bawang bombay diiris halus
1 batang daun seledri diiris halus
Pala bubuk, garam, merica bubuk secukupnya
Sedikit kuning telur untuk olesan atas

Cara Membuat :
·         Campur kentang, mentega, susu bubuk, tepung terigu, garam dan merica. Dibagi dua bagian lalu sisihkan.
·         Untuk isinya, panaskan mentega, tumis bawang bombay hingga layu dan harum. Masukkan daging sapi yang sudah dicincang aduk hingga warnanya kecoklatan. Masukkan wortel, buncis, daun seledri dan bubuk pala. Aduk hingga rata. Lalu masukkan tepung terigu, kaldu ayam, garam, dan merica. Aduk rata jika sudah mengering segera angkat dan sisihkan.
·         Siapkan pinggan tahan panas, masukkan setengah bagian kentang ke dalam pinggan lalu ratakan. Segera masukkan bahan isi lalu tutup dengan kentang lagi.
·         Olesi permukaannya dengan kuning telur. Jangan terlalu tebal.
·         Masukkan ke dalam suhu oven 160 derajat celcius, panggang hingga matang dan berwarna kekuningan. Tunggu kurang lebih satu jam dan pastel tutup siap disajikan.

diet, diet, diet, diet, diet, diet, diet, sehat, sehat, sehat, sehat, sehat, kentang, kentang, kentang, kentang, kentang, kentang, kentang, kentang, kentang, kentang, kentang, cantik, cantik, cantik, kecantikan, kecantikan, tips kecantikan, tips kecantikan, tips tentang kecantikan

meta content='Menu Diet Sehat dengan Kentang' name='description'/>
meta content='diet, sehat, kentang, diet sehat, cantik, kecantikan, tips kecantikan' name='keywords'/>
meta content='Fiske Aira' name='author'/>
meta content='INDEX, FOLLOW' name='ROBOTS'/>

1 komentar:

  1. terimakasih sob, mantab banget nih...

    http://acemaxsshop.com/obat-penyakit-vertigo-alami/

    BalasHapus

© Kecantikan Alami Kulit, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena