tips kecantikan | perawatan kecantikan | kecantikan rambut | tips kecantikan muka

Kamis, 07 Februari 2013

Tips Membuat Kulit Putih dan Segar


Kulit segar identik dengan kulit yang bersih, cerah, kenyal, kencang, lembab dan tanpa keriput. Kulit yang segar juga warnanya merata dan tidak mengalami penuaan seperti timbul kerutan dan shagging (kulit yang kondisinya menurun). Semakin bertambah usia, kulit mengalami proses penuaan yang membuat kulit terlihat keriput, kering, kusam, timbul flek hitam dan terlihat tidak segar, apalagi jika kulit tidak dirawat. Sering terpapar sinar matahari secara langsung, stres, pola hidup yang tidak baik, seperti merokok dan minum alkhohol juga menyebabkan kulit wajah cepat mengalami penuaan. Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa tips perawatan kulit dari ujung rambut hingga ujung kaki yang bisa Anda lakukan agar kulit tetap terlihat segar, putih, dan tanpa kerutan. Apa saja?

Pembersihan Wajah
          Untuk menjaga agar kulit tetap segar sebaiknya dimulai dari perawatan di rumah. Bersihkan wajah secara rutin, pagi dan malam hari sebelum tidur menggunakan cleanser yang mengandung mentimun dan ekstrak buah-buahan. Selain itu gunakan toner yang mengandung ekstrak bengkuang. Gunakan pula facial wash agar kulit tetap segar dan terjaga kelembabannya. Pilih pembersih yang mengandung whitening agar kulit wajah lebih putih.
          Produk pembersih wajah yang digunakan harus sesuai jenis kulit. Untuk kulit wajah kering, sebaiknya pilih pembersih wajah cleanser dan toner yang tidak mengandung alkohol agar kulit tidak semakin kering. Untuk kulit normal, gunakan cleanser dan toner yang kandungan alkoholnya sedikit. Sementara untuk kulit berminyak, gunakan cleanser, facial wash dan toner yang mengandung banyak alkohol.

Cream Pemutih dan Sunblock
          Sebaiknya wajah juga diberi cream agar kelembabannya terjaga. Jika kulit lembab, maka kulit terlihat lebih putih dan segar. Cream pemutih berfungsi sebagai perawatan dan pengobatan kulit wajah. Cream tersebut dipakai setiap hari, yang terdiri dari cream pagi dan cream malam. Cream pagi yang mengandung sunblock, vitamin C dan ekstrak buah-buahan seperti blueberry. Cream malam mengandung zat-zat aktif, vitamin C, AHA, aloe vera.
          Pemakaian cream tujuannya untuk mengurangi dehidrasi kulit, mengembalikan cairan kulit dan mengurangi noda hitam sehingga kulit terlihat lebih putih. Cream juga dapat merangsang dan meregulasi pertumbuhan kulit yang baru dengan lebih baik.
          Jika penggunaan cream pemutih hanya sebagai perawatan kulit, maka cream yang digunakan tidak mengandung zat aktif seperti hidrokinon dan tretinoin. Biasanya kandungannya hanya ekstrak buah-buahan, vitamin C dan pemutih ringan seperti arbutin. Jika cream pemutih digunakan sebagai pengobatan, maka dibutuhkan zat-zat aktif. Tapi penggunaannya harus dibawah pengawasan dokter agar kulit wajah tidak iritasi.
          Selain cream untuk wajah, sebaiknya untuk kulit menggunakan lotion dan sunblock. Untuk sunblock, karena kulit orang Indonesia umumnya sawo matang, maka sebenarnya sunblock SPF 15 sudah cukup. Tetapi mengingat saat ini terjadi polusi udara dan kerusakan ozon, maka dianjurkan memakai sedikitnya sunblock SPF 30 agar bisa melindungi kulit dengan baik.

Chemical Peeling   
          Chemical peeling dapat membantu pergantian kulit dengan baik, mengangkat noda hitam, serta merangsang pertumbuhan kulit baru termasuk pembentukan kolagen yang baru, sehingga dapat memperbaiki bekas luka dan jerawat. Chemical peeling menggunakan asam buah-buahan, BHA (Beta Hydroxyl Acid) dan bahan-bahan yang bersifat kaustik untuk menghilangkan lapisan kulit yang terlanjur rusak.
          Bahan-bahan kimia tersebut bisa menimbulkan rasa perih. Karena itu, jika tidak dilakukan dengan benar maka bisa menyebabkan warna kulit tidak rata. Dan jika dilakukan terlalu kuat, maka menimbulkan jaringan parut (scar). Karena itu, sebaiknya treatment ini dilakukan oleh dokter yang kompeten. Chemical peeling tidak bisa dilakukan terlalu sering karena harus menunggu kulit yang baru tumbuh dengan baik. Karena itu, sebaiknya treatment ini dilakukan sebulan sekali.
          Setelah chemical peeling, sebaiknya Anda melindungi diri dari paparan sinar matahari. Jika tidak melindungi kulit dari sinar matahari maka bisa menyebabkan kulit berwarna lebih gelap karena kulit baru masih peka terhadap sinar matahari. Biayanya sekitar Rp 150-200 ribu.

Anti aging Treatment  
          Untuk wajah segar dan awet muda, anti aging treatment bisa menjadi pilihan. Treatment ini cara kerjanya dengan mengisi kolagen (dari sapi) menggunakan alat collagenizer. Alat ini bisa membantu memasukkan kolagen ke dalam kulit. Kolagen yang digunakan berbentuk gel yang fungsinya untuk menghilangkan kerutan. Gel kolagen ini bisa diganti dengan vitamin C, karena vitamin ini dapat lebih memutihkan kulit dan membantu pembentukan kolagen.
          Anti aging treatment ini hanya memakan waktu setengah jam. Sebelum treatment, untuk yang kulitnya sensitif dites dulu apakah alergi dengan kolagen sapi atau tidak. Treatment diawali dengan pembersihan wajah lalu wajah di massage untuk memperlancar aliran darah. Setelah itu diberikan kolagen dengan alat collagenizer. Sesudah treatment, Anda tidak dianjurkan mencuci wajah selama 1-2 jam agar kolagennya bekerja dengan baik.
          Sekali treatment hasilnya langsung terlihat. Namun, sebaiknya treatment ini dilakukan lima kali, dengan jeda waktu pengerjaan 2-3 minggu sekali. Hasilnya semakin permanen setelah melakukan beberapa kali treatment. Setelah lima kali treatment, sebaiknya treatment ini diulang dua bulan kemudian karena proses penuaan memang terus berlangsung. Selain wajah, treatment ini bisa untuk leher dan payudara. Biayanya Rp 600 ribu untuk sekali treatment.

Terapi Ozon
          Berbekal kandungan antioksidan yang sangat kuat, terapi ozon EBOO dikreasi sedemikian rupa sehingga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan luar dalam. Terapi ini memiliki kemampuan membuka simpul-simpul saraf yang tersumbat. Alhasil kulit wajah disulap jadi lebih bersih dari flek hitam dan noda hitam, tampak lebih putih, lebih segar dan awet muda.
          Terapi ozon EBOO juga mampu menembus sumbatan pembuluh darah. Efeknya, selain memperlancar peredaran darah, terapi ini juga berkhasiat mencegah penyumbatan di pembuluh darah, mencegah penyakit jantung, menghilangkan sesak napas, mengurangi deg-degan, mencegah stroke. Terapi ozon juga mampu memperbaiki metabolisme tubuh dan membuang sampah sisa metabolisme tubuh secara maksimal. Oleh karena itu, tak heran jika terapi ini dapat dijadikan sebagai salah satu metode untuk menurunkan berat badan secara alami. Terapi ozon juga berkhasiat membersihkan darah dari berbagai racun dan memenuhi kebutuhan oksigen di dalam tubuh. Alhasil Andapun bisa lebih rileks, tidur lebih nyenyak dan bebas insomnia.
          Terapi ozon EBOO merupakan terapi yang menggunakan mesin untuk memompa darah keluar dari pembuluh darah sebanyak 4.000-6.000 cc. Melalui alat suntik intravena, darah ini disedot ke dalam tabung dialiser. Darah tersebut difilter agar bebas dari zat-zat radikal bebas, mineral, garam dan logam berat berbahaya. Setelah bersih, darah kemudian dicampur dengan ozon serta darah yang sudah tersaring dan steril akan dikembalikan ke dalam tubuh melalui intravena pada sisi lengan lain. Efeknya, warna darah yang tadinya kehitaman, kental dan terlihat berbintik-bintik putih berubah menjadi warna merah cerah.
          Sekali terapi ozon saja, kulit langsung disulap menjadi lebih cerah. Agar hasilnya lebih sempurna, terapi ini sebaiknya dilakukan secara rutin seminggu sekali. Setelah hasilnya bagus, untuk maintenance terapi ini cukup dilakukan 1-2 kali sebulan. Terapi ozon ini hanya boleh dilakukan untuk yang sudah berusia di atas 12 tahun.    

Perawatan Wajah dan Tubuh dengan Teknologi Modern
Face Up
Alat ini memiliki kemampuan tiga kali lebih hebat dari RF (Radio Frekuensi). Alat ini bekerja secara langsung menuju otot tubuh dan memperbaiki kondisi kulit dan pipi yang turun. Sekali hasilnya langsung terlihat, yaitu kulit putih, halus, kenyal dan kencang. Treatment selama 45-60 menit ini juga dapat mengencangkan lengan, mengatasi double chin serta melenyapkan scar bekas cacar dan jerawat. Biayanya Rp 500 ribu sekali treatment

   Laser Nd-Yag
Laser Nd-Yag bisa menjadi pilihan untuk memutihkan kulit dan membuat kulit terlihat segar. Laser ini terbagi dua, yaitu Q-Switch Nd-Yag dan Long Pulsed Nd-Yag. Q-Switch digunakan untuk mengatasi masalah pigmentasi atau kulit wajah yang kusam, sementara Long Pulsed digunakan untuk meremajakan kulit sehingga kerutan-kerutan hilang. Sekali dilaser hasilnya langsung terlihat. Agar hasilnya tetap kelihatan, maka pengulangan treatment ini harus dilakukan tiga bulan setelah treatment laser sebelumnya. Laser termasuk aman digunakan dan tidak menyebabkan kemerahan pada kulit. Untuk mencegah terjadinya efek samping, biasanya setelah treatment diolesi gel atau cream pendingin. Meski aman, penggunaan laser sebaiknya tidak berlebihan agar tidak menyebabkan kulit gosong. Mengenai biaya, tergantung dari luasnya kulit yang dilaser.


Suntik dan Serum vitamin C
          Suntik vitamin C dan serum vitamin C bisa membuat kulit lebih putih dan elastis. Vitamin C umumnya disuntikkan di bagian lengan, yang fungsinya untuk memutihkan dan menyamarkan warna kulit yang tidak rata. Vitamin C dapat menstimulasi jaringan kolagen sehingga memperlancar peredaran darah. Hal ini mendorong tumbuh jaringan kulit baru yang lebih cerah, putih dan mulus. Suntik vitamin C bisa dilakukan sebulan sekali.
          Adapun cara penggunaan serum vitamin C adalah dengan cara dioleskan. Vitamin C mengandung antioksidan yang dapat mencegah pengrusakan kulit akibat radikal bebas dan polusi udara, debu dan paparan sinar matahari. Dengan vitamin C, kulit terlindungi sehingga mencegah penuaan dini. Serum vitamin C sebaiknya dioleskan setiap hari, pagi hari setelah memakai sunblock dan malam hari sebelum tidur.
          Treatment suntik dan serum vitamin C tidak diberikan secara sendiri-sendiri tetapi dengan kombinasi antioksidan lainnya. Antioksidan bekerja bersama-sama dalam suatu reaksi untuk menetralkan radikal bebas. Bisa digunakan untuk wajah dan leher, tetapi sebaiknya saat treatment kulit Anda tidak dalam keadaan sensitif yang bisa menimbulkan efek samping. Untuk maintenance-nya, minum suplemen dengan kandungan antioksidan, plus makanan-makanan yang tinggi antioksidannya seperti sayur-sayuran dan buah-buahan berwarna.

Facial Wajah
          Facial bisa membuat wajah Anda segar, kencah dan lebih putih. Berikut facial-facial yang bisa menjadi pilihan Anda :
     Ice Ascardian
Manfaatnya untuk memutihkan kulit dengan menggunakan masker es yang memberikan sensasi dingin pada kulit wajah. Masker es digunakan pada wajah setelah proses pembersihan dan masker es digunakan hingga mengering, lalu wajah dibersihkan. Selanjutnya wajah diberi masker topeng (masker bubuk). Saat mengering masker topeng ini akan mengeras seperti topeng karet. Manfaatnya untuk memaksimalkan proses pemutihan kulit wajah.
 Mandelaic Acid
Facial untuk memutihkan  kulit wajah ini, diawali dengan mengoleskan cairan acid (asam) pada wajah secara merata. Sebelum dioleskan wajah dibersihkan dulu. Setelah itu wajah dibasuh lagi hingga bersih. Selanjutnya, wajah diberi masker whitening agar proses putihnya maksimal. Karena masker ini bisa menimbulkan rasa perih pada kulit, maka facial ini khusus untuk kulit normal.
Masker bubble
wajah yang telah dibersihkan, diolesi masker bengkuang. Setelah masker mengering, wajah lalu dibersihkan. Kemudian dilanjutkan dengan mengoleskan masker bubble. Masker ini berbentuk cair, saat mulai keringmasker ini akan membentuk gelembung-gelembung seperti busa. Penggunaan dua jenis masker ini adalah untuk memutihkan kulit wajah.

Scrub Tangan
          Kulit tangan yang halus, lembut dan segar membuat penampilan Anda lebih cantik. Untuk mendapatkan tangan yang demikian treatment scrub tangan bisa jadi pilihan. Scrub tangan  bisa membuang sel-sel kulit mati, menghaluskan dan mengharumkan tangan. Treatment ini dilakukan 15-30 menit. Bagian tangan dibersihkan, lalu dioleskan scrub yang sesuai dengan kondisi tangan Anda, lalu scrub digosok-gosokkan secara perlahan sembari dimassage agar peredaran darah lancar. Scrub yang digunakan mengandung lavender dan oil.
Sebaiknya treatment ini rutin dilakukan 1-2 kali sebulan. Tidak boleh terlalu sering karena bisa menyebabkan kulit tangan kering dan tipis. Treatment ini dianjurkan bagi mereka yang sering beraktivitas di bawah terik matahari. Treatment ini cukup aman dilakukan, hanya saja jika tangan Anda sedang luka sebaiknya tangan tidak di scrubbing karena bisa menyebabkan perih dan iritasi. Biayanya 20 ribu.

Foot Scrub
          Sering memakai sepatu atau sandal high heels membuat kulit kaki menjadi tidak segar. Timbul kapalan, kulit yang menebal hingga selulit. Foot scrub bisa Anda lakukan agar kulit kaki Anda kembali segar. Foot scrub adalah perawatan daerah betis hingga telapak kaki, yang manfaatnya untuk merelaksasikan kaki, membersihkan kotoran dan mengangkat sel-sel kulit mati pada bagian telapak kaki, tumit hingga ujung jari.
          Bahan-bahan yang digunakan dalam foot scrub adalah minyak zaitun untuk memijat kaki, serta scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Ada beberapa scrub yang menjadi pilihan, yaitu green tea dan alpukat untuk kulit kering dan tipis, serta stroberi dan ginseng untuk mendapatkan manfaat vitamin C, kopi untuk mengurangi selulit, lemon untuk memperbaiki rona kulit dan mawar untuk mengangkat sel-sel kulit mati.
          Foot scrub diawali dengan merendam kaki di dalam air hangat yang sudah dicampur garam khusus kaki dan bunga mawar selama tiga menit. Manfaatnya untuk menghilangkan bau kaki dan kuman atau bakteri di kaki. Setelah itu, ujung kaki hingga sela-sela kaki disikat dengan sikat khusus. Kemudian tumit digosok menggunakan batu apung untuk mengangkat atau membersihkan kulit yang menebal pada bagian telapak kaki dan tumit.
          Selanjutnya bagian betis dan telapak kaki di massage menggunakan minyak zaitun agar peredaran darah menjadi lancar, serta betis dan kaki lebih segar. Kemudian, betis dan telapak kaki dioleskan scrub dan didiamkan selama tiga menit hingga scrub mengering. Lalu scrub diangkat dengan cara digosok-gosokan lembut sehingga kotoran dan sel-sel kulit mati terangkat.lalu kaki diberihkan dengan air. Treatment ini memakan waktu 45 menit dengan biaya Rp 55 ribu sekali treatment.
          Sekali treatment, hasilnya sudah terlihat. Jika rutin dilakukan dua minggu sekali maka kulit kaki menjadi lebih segar. Tapi jika Anda memiliki masalah pada kaki seperti selulit sebaiknya treatment ini dilakukan seminggu sekali selama tiga bulan berturut-turut, menggunakan scrub kopi. Jika selulitnya baru muncul, lakukan treatment ini seminggu sekali selama empat kali berturut-turut. Untuk di rumah, gunakan pelembab khusus mandi, setelah mandi dan malam hari sebelum tidur.

Lulur Kopi dan Coklat
          Luluran berguna untuk megangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit lebih bersih dan putih dan segar. Lulur yang bisa menjadi pilihan adalah lulur kopi dan coklat. Bahan lulur ini diolah pada saat Anda datang untuk melakukan luluran sehingga lulur benar-benar segar. Setelah itu, ditambahkan minyak zaitun atau minyak melatiuntuk menghilangkan toksin pada kulit tubuh, membunuh bakteri, menyamarkan selulit dan mengangkat sel-sel kulit mati.
          Luluran diawali dengan pemijatan seluruh tubuh, mulai dari bagian punggung hingga depan, selama 45-60 menit. Fungsinya untuk merelaksasikan otot-otot yang kaku dan melancarkan peredaran darah. Lalu lulur dibalurkan ke seluruh tubuh dan didiamkan mengering selama 10 menit agar sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel terlepas pada proses penggosokan. Proses luluran ini membutuhkan waktu 30-45 menit. Setelah itu, mandi untuk membersihkan badan.
          Setelah luluran, tubuh terasa relaks serta kulit pun terlihat putih dan segar. Sebaiknya luluran dilakukan rutin dua minggu sekali. Tidak dianjurkan terlalu sering dilakukan karena membuat kulit menjadi tipis dan mudah iritasi. Sekali luluran harganya Rp 105 ribu.
 
Mandi Susu
          Setelah luluran, agar kulit semakin bercahaya Anda dianjurkan untuk mandi susu. Mandi susu dapat membuat kulit bersih, putih, lembab dan bercahaya. Susu yang digunakan adalah susu untuk mandi yang berbentuk bubuk. Mandi susu bisa dikombinasikan dengan irisan jeruk sunkist pada prosesi perendaman. Aroma jeruk yang khas dan segar menjadikan Anda relaks dan stres pun lenyap.
Sebelum menjalani treatment mandi susu, seluruh tubuh di massage selama satu jam agar lebih relaks. Lalu tubuh di scrubbing untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kemudian dibersihkan. Berikutnya, digunakan alat steam selama 15 menit untuk mengeluarkan toksin dan kotoran yang tidak terangkat pada proses scrubbing. Tubuh lalu didiamkan selama 5-10 menit agar suhu tubuh kembali normal. Selanjutnya masuk tahap mandi susu selama 30 menit. Anda akan berendam di dalam bathub yang diisi ¾ bagian air hangat-hangat kuku yang dicampur dengan 6 sdm susu dan satu buah jeruk sunkist yang diiris menjadi enam bagian. Proses perendaman tidak boleh lebih dari 30 menit karena bisa membuat kulit kering, tipis dan mudah iritasi. Sebaiknya mandi susu rutin dilakukan seminggu dua kali. Setelah delapan kali mandi susu, kulit akan semakin bersinar, putih dan segar. Treatment ini aman dilakukan siapa saja, tetapi treatmnet ini tidak dianjurkan bagi yang sedang haid. Biayanya sekitar Rp 100 ribu.

Hair Removal Permanen
          Teknologi terbaru dari hair removal menggunakan Soprano X Li, generasi terbaru teknologi laser diode. Laser diode ini dapat menghilangkan rambut-rambut halus di seluruh tubuh, seperti tangan, kaki, bikini line, wajah, ketiak, dan lain-lain secara permanen. Jika kulit bebas dari rambut halus yang biasa tumbuh lebat, maka kulit pun terlihat lebih cerah, bersih dan segar.
          Hair removal dengan alat ini tanpa rasa nyeri sehingga tidak memerlukan cream anestesi. Waktu pengerjaanya sangat singkat, berbeda dengan teknologi sebelumnya yang bisa memakan waktu berjam-jam. Untuk satu area di lengan (10 cm x 10 cm) saja waktu pengerjaanya 80 detik. Di lengan sendiri ada tiga area, sehingga untuk satu lengan pengerjaannya sekitar 5-6 menit.
          Hasil hair removal ini cukup maksimal. Bisa menghilangkan rambut halus dan rambut yang berwarna terang. Tidak timbul efek samping seperti rasa terbakar, kemerahan, atau pembengkakan. Selain menghilangkan rambut-rambut halus, laser diode ini juga dapat mengencangkan kulit yang kendur, kulit terlihat lebih putih, mengatasi nyeri otot, nyeri dan kaku pada persendian, kram otot, otot tertarik dan otot yang terpelintir.
          Treatment ini sebaiknya dilakukan sebanyak 5-7 kali, tergantung banyaknya rambut. Jeda waktu antara treatment pertama dengan treatment berikutnya 6-8 minggu. Sekali pengerjaan hasilnya terlihat rambut halus berkurang dan setelah enam minggu  jumlah rambut halus yang dilakukan hair removal semakin berkurang. Setelah enam kali pengerjaan, rambut halus semakin berkurang dan akhirnya hilang permanen. Biayanya Rp 16 juta untuk satu kali paket (lima kali treatment).

4 komentar:

  1. terima kasih ya atas tipsnya untuk menjaga kecantikan kaki...
    tapi sayangnya gak ada gambarnya ya...
    oya gan kalau untuk kaos kaki wanita yang tren saat ini seperti apa ya

    BalasHapus
  2. Tau gitu gabeli kulkas di pen jual chest freezer itu, makasih gan infonya :D

    BalasHapus

© Kecantikan Alami Kulit, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena